Demo Site

Selasa, 25 Oktober 2011

Pengertian Dan Perangkat Input-Output


Input / Output Unit
Salah satu fitur dasar komputer adalah kemampuannya untuk mempertukarkan data dengan perangkat lain. Kemampuan komunikasi ini memungkinkan operator manusia misalnya, untuk menggunakan keyboard dan layer display untuk mengolah teks dan grafik. Manusia mengembangkan penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain melalui internet dan mengakses informasi di seluruh dunia.
Dalam aplikasi lain, komputer tidak begitu tampak tetapi sama pentingnya. Komputer menjadi bagian integral pada alat-¬alat rumah tangga, peralatan manufacturing, sistem transportasi, perbankan dan terminal point¬ of ¬sale. Dalam aplikasi semacam itu, input ke suatu komputer dapat berasal dari sensor switch, kamera digital, mikrofon, atau alarm kebakaran. Out put dapat berupa sinyal suara yang dikirim ke speaker atau perintah yang dikodekan secara digital untuk mengubah kecepatan motor, membuka katup, atau menyebabkan suatu robot bergerak dengan cara tertentu. Singkatnya, general ¬purpose komputer harus memiliki kemampuan untuk mempertukarkan informasi dengan sejumlah perangkat dalam lingkungan yang bervariasi.

Mengakses Perangkat I/O
Pengaturan sederhana untuk menghubungkan perangkat I/O ke suatu komputer adalah dengan menggunakan pengaturan bus tunggal. Bus tersebut meng¬enable semua perangkat yang dihubungkan padanya untuk mempertukarkan informasi. Biasanya, pengaturan tersebut terdiri dari tiga set jalur yang digunakan untuk membawa alamat, data, dan sinyal kontrol. Tiap perangkat I/O ditetapkan dengan suatu set alamat yang unik. Pada saat prosessor meletakkan suatu alamat pada jalur alamat, perangkat yang mengenali alamat ini merespon perintah yang dinyatakan pada jalur kendali. Prosessor meminta operasi baca atau tulis, dan data yang di -request ditransfer melalui jalur data. Pada saat perangkat I/O dan memori berbagi ruang alamat yang sama, pengaturan tersebut disebut memory mapped I/O.
Dengan memory mapped I/O, tiap instruksi mesin yang dapat mengakses memori dapat digunakan untuk mentransfer data ke atau dari perangkat I/O. Misalnya,
jika DATAIN adalah alamat input buffer yang terhubung dengan keyboard, maka instruksi
Move DATAIN, R0
Membaca data dari DATAIN dan menyimpannya dalam register prosessor R0. Serupa dengan instruksi
Move R0, DATAOUT
Mengirim isi register R0 ke lokasi DATAOUT, yang mungkin berupa buffer data output dari unit display atau printer.
Kebanyakan system komputer menggunakan memory mapped I/O. Beberapa prosessor memiliki instruksi In dan Out khusus untuk menjalankan transfer I/O. Misalnya, prosessor dalam famili Intel memiliki instruksi I/O khusus dan ruan g alamat1 6-bit terpisah untuk perangkat I/O. Pada saat membangun sistem komputer yang berbasis pada prosessor ini, desainer memiliki pilihan dalam mengkoneksikan I/O dengan menggunakan ruang alamat I/O khusus atau hanya dengan menggabungkannya sebagai bagian dari ruang alamat memori. Pendekatan paling akhir tersebut sejauh ini merupakan yang paling umum karena melibatkan penggunaan software yang lebih sederhana.
Salah satu manfaat ruang alamat terpisah adalah perangkat I/O menangani lebih sedikit jalur alamat. Perhatikan bahwa alamat I/O terpisah tidak harus berarti jalur alamat I/O tersebut terpisah secara fisik dari jalur alamat I/O tersebut terpisah secara fisik dari jalur alamat memori.
Perangkat I/O beroperasi pada kecepatan yang sangat berbeda dengan prosessor. Pada saat operator manusia memasukkan karakter pada keyboard, prosessor mampu mengeksekusi jutaan instruksi antar ¬entri karakter yang berurutan. Suatu instruksi yang membaca karakter dari keyboard sebaiknya hanya dieksekusi pada saat karakter tersebut tersedia dalam input buffer ant armuka keyboard.

KeyBoard
Perangkat input yang paling sering digunakan adalah keyboard, biasanya dilengkapi dengan mouse atau trackball. Bersama dengan video display sebagai perangkat output, perangkat tersebut digunakan untuk interaksi manusia langsung dengan computer.
Keyboard tersedia dalam dua tipe. Satu tipe terdiri dari array switch mekanik yang dipasang pada printed circuit board . Switch tersebut diatur dalam baris dan kolom dan dihubungkan ke mikrokontroller pada board. Pada saat suatu switch ditekan, controller mengidentifikasi baris dan kolom, dan dengan demikian menentukan tombol mana yang ditekan. Setelah mengoreksi switch bounce, controller menghasilkan kode yang menyatakan switch tersebut dan mengirimnya melalui link serial ke computer.


Mouse
Penemuan Mouse pada tahun 1968 menunjukkan langkah penting dalam pengembangan sarana baru bagi orang-¬orang untuk berkomunikasi dengan computer. Hingga titik tersebut, teks adalah bentuk utama entri data. Mouse memungkinkan untuk memasukkan informasi grafis secara langsung, dengan menggambarkan objek yang diinginkan, dan membuka pintu ke banyak ide baru dan canggih, termasuk windows dan menu pull -down.
Mouse adalah perangkat yang dibentuk untuk kenyamanan tangan operator, sehingga dapat digeser pada permukaan datar. Sirkuit elektronik merasakan gerakan ini dan mengirim beberapa pengukuran jarak yang dilalui dalam arah X dan Y ke computer.
Mouse optic menggunakan light¬emitting diode (LED) untuk mengiluminasi permukaan tempat mouse berada, dan suatu perangkat light¬sensitive merasakan cahaya yang direfleksikan dari permukaan. Pada beberapa model, mouse tersebut harus diletakkan pada pad khusus yang memiliki pola garis vertical dan horizontal. Cahaya yang direfleksikan berubah pada saat mouse bergerak dari area terang ke gelap permukaan dibawahnya, dan mouse tersebut mengukur jarak yang dilalui dengan menghitung perubahan ini.

Trackball, Joystick, dan Touchpad
Mouse meng¬enable operator untuk memindahkan kursor pada layer computer. Sekumpulan perangkat input inovatif telah dikembangkan untuk melakukan fungsi serupa, untuk memenuhi berbagai lingkungan aplikasi dan preferensi user.
Prinsip operasi trackball sangat mirip dengan mouse mekanik. Suatu bola dipasang pada shallow well pada keyboard. User memutar bola tersebut untuk mengindikasikan pergerakankursor yang diinginkandi layar.
Joystick adalah stick pendek berputar yang dapat digerakkan dengan tangan untuk menunjuk ke tiap arah dalam bidang X¬Y. Pada saat informasi ini dikirim ke computer, software menggerakkan kursor pada layar dengan arah yang sama.
Joystick terdapat dalam computer notebook dan videogame. Pada computer notebook, joystick dipasang diantara tombol keyboard, danstick agak lebih keatas. Berdasarkan penempatannya, joystick memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan tangan operator untuk menggunakan keyboard. Joystick dapat ditekan dengan satu jari untuk menentukan posisi kursor pada layar. Joystick juga kuat secara mekanik dan hanya memerlukan sedikit ruang. Untuk digunakan dalam video game, joystick dibentuk menjadi pegangan yang sesuai dengan sifat game tersebut. Biasanya diperlengkapi dengan pushbutton untuk tujuan seperti melempar bola atau menembakkan pistol.
Touchpad dapat digabungkan dengan liquid crystal display untuk menghasilkan layar touch¬sensitive yang dapat digunakan untuk operasi input dan output. Tipe layar ini biasanya ditemukan dalam personal digital assistant (PDA), misalnya Palm Pilot. Bentuk lain dari touch screen menggunakan cathode ray tube (CRT). Perubahan kapasitansi yang disebabkan oleh sentuhan jari pada layar dirasakan oelh layar pada saat berkas electron men -scan layar untuk menampilkan

Scanner

Scanner mentransformasikan bahan tercetak dan fotografi menjadi representasi digital. Pada scanner awal, halama yang di¬scan diletakkan pada silinder kaca yang berputar disekeliling sensor.
Muatan ini dikumpulkan oleh sirkuit yang sesuai dan dikonversi ke representasi digital. Menggunakan analog¬to¬digital converterUntuk scanner warna, filter merah, hijau dan biru digunakan untuk memisahkan warna primer dan mengolahnya secara terpisah.
Pada saat sumber cahaya bergerak melewati halaman tersebut, sensor array dibaca berulang kali, melakukan sampling jalur pixel pada citra yang berurutan. Sebaiknya diperhatikan bahwa teknik ini juga digunakan dalam digital copier. Suatu digital copier adalah gabungan dari scanner dan laser printer.

Output
Output komputer dapat berupa berbagai bentuk, termasuk teks alfanumerik, citra grafis, atau suara.
Video Display
Video display digunakan pada saat diperlukan representasi visual pada output komputer. Perangkat display yang paling umum menggunakan cathode ray tube (CRT).
Suatu berkas elektron terfokus menabrak layar fluorescent, menimbulkan emisi cahaya sebagai titik terang pada latar gelap.
Video Display komputer adalah VGA (Video Graphics Array) dan varian kualitas tingginya. VGA display dasar memiliki 640 x 480 pixel. Variasi standar ini menetapkandisplay dengan resolusi yang lebih tinggi, misalnya 1024 x 768 (XVGA) dan1600 x 1200 (UXGA).

FLAT -PANEL DISPLAY
Sekalipun teknologi cathode¬ray tube telah mendominasi aplikasi display, flat -panel display semakin meningkat popularitasnya. Display tersebut lebih tipis dan lebih ringan. Juga menye diakan linearitas yang lebih bagus dan, pada beberapa kasus, bahkan resolusi yang lebih tinggi. Telah dikembangkan beberapa tipe flat -panel display, tennasuk liquid¬crystal panel, plasma panel, dan electroluminescent panel. Ketersediaan flat -panel display biaya¬rendah telah membantu perkembangan komputer notebook.

PRINTER
Printer digunakan untuk memproduksi hard copy dari data output atau teks. Printer biasanya diklasifikasikan sebagai tipe impact atau nonimpact, tergantung pada sifat mekanisme printing yang digunakan. Impact printer menggunakan mekanisme printing mekanik, dan nonimpact printer mengandalkan pada teknik optik, ink jet, atau elektrostatik.
Nonimpact printer memiliki beberapa bagian bergerak clan dapat dioperasikan pada kecepatan tinggi. Laser printer menggunakan teknologi yang sama dengan photocopier. Suam drum yang dilapisi dengan bahan fotokonduktif bermuatan positif di-scan oleh suatu berkas laser. Muatan positif yang diiluminasikan oleh berkas tersebut didisipasikan.

AKSELERATOR GRAFIS
Banyak aplikasi komputer yang melibatkan citra grafis kualitas¬ tinggi. Mungkin penggunaaa grafis yang paling umum adalah dalam video game. Aplikasi lain adalah tugas artistik, inn; ing medis, clan film animasi. Citra kualitas¬tinggi memerlukan tampilan sejumlah besarpisel, Sebelum suatu citra dikirim ke layar display, warna tiap pixel tersebut barns dihitung don di. simpan dalam buffer memori. Dari sana, informasi tersebut dikirim ke Iayar pada kecepatao minimal 30 kali per detik untuk mempertahankan ter- refresh¬nya citra yang tertampil.
Port Grafis
Kartu grafis tersebut dapat dicolokkan ke dalam bus komputer. misalnya PCI Umumnya motherboard komputer menyertakan slot koneksi khusus yang dikenal sebagai Accelerated Graphics Port (AGP), untuk menyisipkan kartu grafis. Ini adalah port 32-bit yang mampu mendukung kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada yang dapat dicapai pada bus PCI. Kecepatan ini biasanya dinyatakan sebagai AGP 1 x, 2x, 4x, atau 8x, dimana AGP 1 x adalah standar awal yang menyediakan kecepatan transfer data 264 megabyte/det. Standar selanjutnya mendukung kelipatan kecepatan ini, dengan AGP 8x men yediakan 2 gigabyte/det
Pengolahan Grafis
Dalam grafis komputer, objek tiga -dimensi dinyatakan dengan membagi permukaannnya men jadi sejumlah besar poligon kecil, biasanya segitiga. Tugas pertama adalah mengubah 3D scene menjadi representasi 2D yang paling sesuai dengan citra yang akan dilihat oleh mata manusia. Perhitungan proyeksi dan perspektif menentukan lokasi dalam citra dua-dimensi pada puncak segitiga yang merepresentasikan berbagai objek pada scene.
Software Grafis
Kartu grafis menawarkan berbagai fitur yang canggih. Penggunaan fitur tersebut
memerlukan software yang didesain secara spesifik untuk kartu tersebut. Terdapat
sangat sedikit standar dalam area ini, dan pasar terbuka luas untuk kompetisi. Hanya
dengan menginstal kartu grafis yang lebih baik pada suatu komputer tidak akan secara
otomatis meningkatkan kualitas citra yang dihasilkan. Diperlukan software khusus
untuk digunakan dengan kartu ini.
Beberapa standar application programming interface (API) untuk software grafis mulai muncul. Tujuan standar tersebut adalah untuk meng¬enable pengembangan hardware- independent software. Jadi, software untuk game komputer, misalnya, akan bekerja dengan baik dengan kartu grafis yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda dan akanmampu menggunakan fitur yang disediakan. OpenGL (Open Graphics Language) adalah contoh standar tersebut. Secara bertahap, kartu grafis didesain untuk kompatibilitas dengan standar ini dan sejumlah standar serupa yang berhubungan dengan berbagai aspek pengolahan grafis.

SISTEM BUS


Prosesor, memori utama, dan perangkat I/O dapat diinterkoneksikan dengan rnenggunakan bus bersama yang fungsi utama nya adalah menyediakan jalur komunikasi untuk transfer data. Bus tersebut menyertakan jalur yang diperlukan untuk mendukung interrupt dan arbitration. Protokol bus adalah set aturan yang mengatur kelakuan berbagai perangkat yang terhubung ke bus yaitu kapan harus meletakkan informasi kedalam bus, menyatakan sinyal kontrol, dan lain sebagainya.
Jalur bus yang digunakan untuk mentransfer. Data dapat dikelompokkan rnenjadi tiga tipe jalur data, alamat, dan kontrol.Sinyal control menetapkan apakah operasi baca atau tulis yang akan dilakukan. Biasanya digunakan jalur R/ W tunggal.Jalur tersebut menetapkan Read pada saat di¬setke 1 dan Write pada saat di¬setke 0. Apabila dirnungkinkan menggunakan beberapa ukuran operand, seperti byte, word, atau long word, rnaka ukuran data yang diminta juga diindikasikan.
Sinyal kontrol bus juga membawa informasi timing. Sinyal tersebut menetapkan waktu kapan prosesor dan perangkat I/O dapat meletakkan data pada bus atau menerima data dari bus, Berbagai skema telah ditemukan untuk rnelakukan timing transfer data melalui bus.Skema tersebut dapat diklasifikasikan secara umum sebagai skema synchronous dan asynchronous.
Dalam tiap operasi transfer data, satu perangkat memainkan peranan sebagai master. Ini adalah perangkat yang menginisiasi transfer data dengan mengeluarkan perintah baca atau tulis karenanya perangkat ini dapat disebut initiator. Biasanya, prosesor bertindak sebagai master, tetapi perangkat lain yang memiliki kemampuan DMA dapat juga menjadi bus master. Perangkat yang dituju oleh master disebut sebagai slave atau target.
Banyak variasi dari teknik bus yang baru saja dideskripsikan terdapat dalam computer komersial.Misalnya, bus pada family prosesor 68000 memiliki dua mode operasi, satu asynchronous dan satu synchronous.
Pilihan pada suatu desain tertentu melibatkan pertukaran antara berbagai faktor seperti:
•Kesederhanaan antarmuka perangkat
•Kemampuan untuk mengakomodasi antarmuka perangkat yang menyatakan jumlah jeda yang berbeda.
•Waktu total yang diperlukan untuk transfer bus
•Kemampuan untuk mendeteksi error yang dihasilkan dari pengalamatan perangkat yang tidak ada atau dari kegagalan antarmuka.
Keuntungan utama bus asynchronous adalah proses handshake menghilangkan kebutuhan sinkronisasi clock sender dan receiver, sehingga menyederhanakan desain timing. Jeda, baik yang dinyatakan oleh sirkuit antarmuka atau oleh penyebaran melalui kabel bus, telah diakomodasi. Pada saat jeda ini berubah, misalnya, karena perubahan dalam me-load pada saat sirkuit antarmuka ditambahkan atau dihilangkan, maka timing transfer data melakukan pengaturan secara otomatis berdasarkan pada kondisi yang baru.Untuk bus synchronous, sirkuit clock harus didesain dengan cermat untuk memastikan sinkronisasi yang tepat, dan jeda harus dijaga dalam batasan yang ketat.

SIRKUIT ANTAR MUKA
Suatu antarmuka I/O terdiri dari sirkuit yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat I/O ke bus komputer. Pada satu sisi antarmuka kita memiliki sinyal bus untuk alamat, data, dan kontrol. Pada sisi yang lain kita memiliki jalur data dengan kontrol yang sesuai untuk mentransfer data antara antarmuka dan perangkat I/O. Sisi ini disebut port, dan dapat diklasifikasikan sebagai portparalel dan serial. Portparalel mentransfer data dalam bentuk sejumlah bit, biasanya 8 atau 16, secara simultan ke atau dari perangkat tersebut. Port serial mentransmisikan dan me¬nerima data satu bit tiap satu waktu. Komunikasi dengan bus sama untuk kedua format tersebut konversi dari format parallel ke serial, dan sebaliknya, terjadi dalam sirkuit antarmuka.
Dalam hal portparalel, koneksi antar perangkat dan computer menggunakan konektor multiple¬pin dan kabel dengan banyak kawat, biasanya diatur dalam konfigurasi datar. Sirkuit pada kedua ujung relative sederhana, karena tidak ada kebutuhan untuk mengkonversi antara format serial dan paralel. Pengaturan ini cocok untuk perangkat yang secara fisik dekat dengan komputer. Untuk jarak yang jauh, persoalan timing skew yang disebutkan sebelumnya membatasi kecepatan penggunaan data.Format serial lebih mudah dan cost-effective dengan memerlukan kabel yang lebih panjang.
Fungsi antarmuka I/O. Suatu antarmuka I/0 melakukan halberikut:
1.Menyediakan buffer penyimpanan untuk setidaknya satu word data (atau satu byte, dalam hal perangkat yang byte¬oriented)
2.Berisi flag status yang dapat diakses oleh prosesor untuk menentukan apakah buffer penuh (untuk input) atau kosong (untuk output)
3.Berisi sirkuit address¬decoding untuk menentukan kapan antarmuka tersebut dialmati oleh prosesor.
4.Menghasilkan sinyal timing yang sesuai yang diperlukan oleh skema kontrol bus
5.Melakukan konversi format yang mungkin diperlukan untuk mentransfer data antar bus dan perangkat I/O, seperti konversi paralel¬ serial dalam port serial

PORT PARALEL
Aspek utama dalam desain antarmuka dengan contoh praktis. Pertama-¬tama kita mendeskripsikan sirkuit untuk portinput 8-bit dan port output 8-bit. Kemudian kita menggabungkan dua sirkuit tersebut untuk menunjukkan bagaimana desain antarmuka general-purpose 8-bit parallel port. Kita mengasumsikan bahwa sirkuit antarmuka dihubungkan dengan prosesor 32-bit yang menggunakan memory -mapped I/0dan protokol bus asynchronous.

PORT SERIAL
Port serial digunakan untuk menghubungkan prosesor keperangkat I/O yang memerlukan transmisi data satu bit tiap satu waktu. Fitur utama sirkuit antarmuka untuk portserial adalah bahwa port tersebut mampu berkomunikasi dalam mode bit serial pada sisi perangkat dan dalam mode bit¬parallel ada sisi bus. Transformasi antara format parallel dan serial dicapai dengan shift register yang memiliki kemampuan akses paralel. Input shiftregister menerima bit¬serial input dari perangkat I/0. Pada saat 8 bit data telah diterima, isi shiftregister ini di¬load secara parallel kedalam register DATAIN. Serupa pula, data output dalam register DATAOUT di¬-load kedalam output shiftregister, darimana bit tersebut diubah dan dikirim keperangkat I/O.
Bagian dari antarmuka yang berhubungan dengan bus sama dengan antarmuka paralel yang dideskripsikan sebelumnya. Flag status SIN dan SOUT menjalankan fungsi serupa.Flag SIN di-setke 1 pada saat data baru di-¬load dalam DATAIN dikosongkan ke 0 pada saat prosesor membaca isi DATAIN. Segera setelah data ditransfer dari input shiftregister kedalam register DATAIN, shiftregis terdapat mulai menerima karakter 8- bit berikutnya dari perangkat I/0, Flag SOUT mengindikasikan apakah tersedia output buffer. Buffer tersebutdikosongkanke 0 pada saat prosesor menulis data baru kedalam register DATAOUT dan di¬setke 1 pada saat data ditransfer dari DATAOUT kedalam output shiftregister.

Senin, 17 Oktober 2011

MATERI MEMORY



1.Spesifikasi dan Penjelasan DDR4
Samsung Electronics telah mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pengembangan modul DRAM DDR4  pertama di dunia. Pengembangan ini menggunakan teknologi proses kelas 30nm, dan menyediakan  unbuffered modul memori dual in-line (UDIMM) 1.2V 2GB DDR4 ke pembuat controller untuk pengujian. . Modul DRAM DDR4 baru ini  dapat mencapai kecepatan transfer data 2.133Gbps di 1.2V, lebih hemat daya dan lebih cepat bila dibandingkan dengan 1.35V dan 1.5V DRAM DDR3 pada teknologi proses 30nm yang setara , dengan kecepatan hingga 1.6Gbps. Modul ini menggunakan Pseudo Terbuka Drain (POD) teknologi, yang memungkinkan DRAM DDR4 untuk mengkonsumsi hanya setengah arus listrik dari DDR3 saat membaca dan menulis data. Samsung kini berencana untuk bekerja sama dengan sejumlah pembuat server untuk membantu memastikan penyelesaian standarisasi JEDEC teknologi DDR4.
2. Over Melalui Software dan Hardware
-Software
Sebuah perangkat lunak ClockGen memungkinkan untuk secara dinamis overclockbeberapa perangkat dari sistem anda: CPU, memori, AGP dan PCI bus. Dalam beberapa kasus, ClockGen akan dapat mendeteksi PLL yang digunakan oleh sistem anda, terutama jika mainboard Anda dilengkapi dengan chipset nVidia. Maka Anda tidak akan dapat mengubah model PLL, dan Anda bisa langsung masukke langkah "Control PLL".
-Hardware
Overclocking Memori dilakukan melalui setup motherboard (biasanya disebut " Frekuensi / Voltage Control "atau yang serupa). kadang-kadang overclocking memori menurunkan kinerja PC tergantung pada timing dikonfigurasi. overclocking yang pergi tepat, Anda dapat kembali ke setup motherboard dan mencoba meningkatkan clock memori bahkan lebih dan mengulangi seluruh proses, sampai Anda menemukan kemampuan overclocking maksimum dari modul memori Anda. Jika overclocking yang salah, Anda harus pergi kembali ke setup dan menurunkan clock memori, karena jam Anda dikonfigurasi tidak membuat hak kerja memori. 
3.Terjadinya dan Pengatasiannya Dumping Memory (BSOD)
B.O.S.D adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem Atau disebut Stop Error oleh Microsoft. Agar kita dapat mencegah terjadinya B.O.S.D , kita harus mengetahui penyebabnya di PC kita, Dengan menggunakan Tool BlueScreenView v1.27 yang akan menganalisa langsung penyebab terjadinya B.O.S.D. Tool ini akan Men-scan seluruh File Minidump Selama crash B.O.S.D dan menampilkan seluruh penyebab terjadinya B.O.S.D di tabel.
Sehingga memudahkan anda menganalisa penyebab terjadinya B.O.S.D, Seperti menganalisa Driver yang menyebabkan Crash & memindai alamat Driver yang ditemukan dalam Crash Stack.
B.O.S.D yang terjadi di Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya B.O.S.D :
* Driver peralatan yang tidak bagus,
* Kesalahan Memori,
* Registry yang rusak
* Penggunaan file DLL yang tidak cocok
Berikut merupakan rangkuman masalah dan kendala yang sering pengguna komputer hadapi dan bagaimana cara pencegahannya :
1. Komputer Tidak Mau Hidup
Cara Mengatasinya :
- Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC)
- Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer)
- Cek kabel power pada CPU
- Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB
2. Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting
Cara Mengatasinya :
Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep :
Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory
Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card
Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video
- Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll
3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)
Cara Mengatasinya :
- restart kembali komputer anda
- jika masih trouble intall ulang windows anda
- jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah
cek dengan : scan disk
4. Komputer Sering Hang

Cara Mengatasinya
- Disebabkan software mengalami crash
- tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding”
- tekan tombol restart pada CPU
- Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
- konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
- install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda
- alankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.
5. Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer
Cara Mengatasinya
- cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar
- jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.
- coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.
- Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat
6 Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer (sama denagn kasus keyboard)
7. Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat
Cara Mengatasinya
- mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse)
8. Komputer Sering Crash
Cara Mengatasinya :
- cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.
9. Bila Produsen MetherBoard(MB) Tidak Diketahui
Cara Mengatasinya :
- buka casing, dan cek CPU anda biasanya sebuah MB memiliki label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Mbnya.
- Lihat pada manual book
- Cari data Mb lewat internet, cocokan ID yang tercetak pada sticker board denan daftar yang terdapat pada situs www.fcc.gov/oet/fccid, dan cari daftar nomor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektonik di Amerika
- Gunakan software analisa, seperti sandra99 dll.
10. Lupa Password BIOS
Cara Mengatasinya :
- Cabut batterey cmos pada cpu
- Atau dengan cara emncoba menebak bberapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)
11. Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah
Cara Mengatasinya :
- batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru
12. Menambah Perangkat Hardware Baru, Tp Tidak Terdeteksi Oleh BIOS
Cara Mengatasinya :
- Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda (bisa download melalui internet, mis : www.windrivers.com)
13. Melacak Kerusakan Card Pada MB
Cara Mengatasinya :
- cobalah denganmencabut dan menancapkan beberapa card pada MB anda
- jika booting berhasil maka card anda tidak bermasalah begitu jua sebaliknya
14. Pasang Processor Baru Tp Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- cek apakah anda sudah memasang processor denan benar
- cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda priksa pada manual booknya)
15. Crash Setelah Memasang RAM Baru
Cara Mengatasinya :
- kemungkinan ram yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut ram tersebut)
16. Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya
- Pastikan slot yan dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.
17. Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin Lambat
Cara Mengatasinya :
- perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64 MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat


18. Virtual Ram
Cara Mengatasinya :
- klik kanan icon My computer, pilih propertis, kemudian pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY
- pilih item let me specify my own virtual memory setting (pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory)
- klok OK
19. Monitor Tidak Mau Nyala
Cara Mengatasinya :
- pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok
- pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA
- pastikan juga VGA card anda ok
20. Monitor Menjadi Gelap Saat Loading Windows
Cara Mengatasinya :
- kemungkinan disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat(setting frekuensinya terlalu tinggi)
- masuk dulu ke dalam kondisi safe mode (tekan F8)
- install ulang driver VGAnya
21. Tampilan Tiba-Tiba Rusak Dan Komputer Manjadi Hang
Cara Mengatasinya :
- dikarenakan suhu (pada VA card) sangat panas
22. Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai Keinginan
Cara Mengatasinya :
- masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
- Tekan tab setting dan dan atur ukuran tampilan sesuai dengan keinginan (pada screean area)
23. Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan
Cara Mengatasinya :
- masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)
- Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang dininkan
24. Sound Card Baru Tidak Terdeteksi
Cara Mengatasinya :
- Crash dengan saound card yang lama
- Cek pada manual booknya, apakah soundcard on boardnya perlu dimatikan atau tidak jika hendak menginstall ulang soundcard yan baru (biasanya bisa dimatikan lewat jumper atau bios)

MATERI MOTHERBOARD

1.Mobo yang sudah terdapat processor
Memory Type: SDRAM - Graphics Card Interface: PCI, PCI Express, PCI Express x16 - Features: Dual Processor
Memory Type: DDR2, SDRAM, DIMM - Graphics Card Interface: PCI, PCI Express, PCI Express x16
Asus Motherboard M4A785TD-V EVO/U3S6 785G/SB710 AM3 FSB5200MTs DDR3 PCI-E 2 USB3 A.
Processor Compatibility: AMD Opteron - Memory Type: DDR2, DIMM - Graphics Card Interface: PCI, PCI Express, PCI Express x16


2.Mobo yang terdapat 2 processor
Motherboard baru ini dilengkapi teknologi Dual Intelligent Processors 2, yang terdiri dari sepasang co-prosesor terintegrasi yang memastikan konsumsi energi semakin optimal dan meningkatkan kendali kinerja.Selain Seri P8P67, ASUS telah mengembangkan jajaran lengkap motherboard baru berbasis chipset P67, antara lain motherboard Republic of Gamers (ROG) Maximus IV Extreme, TUF SeriesSABERTOOTH P67, dan motherboard workstation P8P67 WS Revolution.

3.Fungsi chipset Northbridge dan Southbridge
Proses pertukaran data  terlaksana atas northbridge dan southbridge. Tanpanya tidak mungkin adanya proses pertukaran data.
http://ep.yimg.com/ca/Img/trans_1x1.gif  Fungi Northbridge:
• Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. 
Fungsi Southbridge
• Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja antara peripheral-peripheral/perangkat semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya. 
Dan dibawah ini merupakanperbedaan antara Northbridge ataupun Southbridge .
Perbedaannya Northbridge dengan Southbridge:
• Northbridge bertugas hanya menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management.
• Southbridge mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM Bios, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll.



VGA manajemen



1.       Strategi marketing Nvidia adalah dengan menarik konsumen untuk membeli videocard mereka dengan melalui judul-judul game populer yang disponsori Nvidia, sedangkan ATI selama ini mengarahkan konsumen dengan cara mengekspose keunggulan teknis videocard mereka.
Konspirasi dengan game developer tampaknya merupakan strategi jitu yang dilakukan sang CEO sekaligus pendiri Nvidia yaitu Jen-Hsun Huang.Nvidia lebih unggul di bidang griafik atau tampilan gambar pada sebuah game, sedangkang ATI kalah di bidang itu.Dalam perang kualitas gambar, ATI menggembar-gemborkan keunggulan Radeon seri X1xxx dibanding Geforce seri 7 dalam hal kemampuan menjalankan FSAA+HDR secara berbarengan.Persaingan dalam kedua kubu sangatlah ketat, hingga menciptakan suatu game yang tidak bisa terdeteks oleh ATI yaitu dari pihak Nvidia, misal (Splinter Cell Chaos Theory.Dari kubu ATI juga tidak mau ketinggalan,ATI juga membuat game yang tidak bisa terdeteksi oleh Nvidia misal (NFS Moswnted, Half Life 2).Disini terbukti bahwa kenggulan teknis mampu dikalahkan oleh strategi bisnis.
2.       sumber TechPowerUp menemukan trick untuk mengunlock HD 6950 ke spek HD 6970 hanya dengan ubah BIOS saja. cukup flash HD 6950 dengan BIOS HD 6970 maka locked shader dan TMU HD 6950 akan terunlock ke level HD 6970 sekaligus setup clocknya. Investigasi bahwa AMD mengunci shader HD 6950 hanya dengan BIOS. Kondisi reference board keduanya yang sama persis mirip identik juga memungkinkan hal ini terjadi.
Apabila flash BIOS gagal, AMD telah menyediakan DUAL Bios untuk recovery cukup dengan menggunakan switch ini.
http://tpucdn.com/articles/159/images/power.jpg 
Ambil ATI Winflash dari sini (32 & 64-bit). 
Download HD 6970 BIOS. Sapphire satu yang terkait dan bekerja pada semua kartu referensi desain dari vendor manapun. 
Pastikan BIOS mengaktifkan kartu diatur ke posisi 1. Jalankan ATI Winflash, klik Simpan untuk menyimpan BIOS, sehingga memiliki cadangan jika sesuatu berjalan salah. 
Load BIOS HD 6970 ke Winflash dengan mengklik Load Image. 
Biarkan proses flashing selesai dan reboot sistemnya. 
Periksa jumlah shader menggunakan GPU-Z, dan harus menunjukkan 1536. Dan gunakanlah versi 0.5.0 atau yang lebih baru, versi 0.4.9 resmi tidak mendukung HD 6900 Series dengan benar.