Demo Site

Selasa, 11 Oktober 2011

Pengertian Organisasi Dan Arsitektur Dalam Dunia Informatika






Pengertian Organisasi Dan Arsitektur Dalam Dunia Informatika
Organisasi adalah Bagaimana suatu perangkat diimplementasikan sinyal control, Interface dan memory. Sedangkan Arsitektur adalah atribut yang berhubungan dengan programmer atau kumpulan jumlah Bit yang digunakan untuk presentsi data, mekanisme, I/O dan teknis pengalamatan. Teknis Pengalamatan  terdiri dari beberapa macam dan fungsi. Yaitu sebagai berikut:
Field alamat pada format instruksi ukurannya terbatas sehingga akan membatasi jumlah lokasi memori yang bisa diacu. Padahal kita menginginkan dapat mengacu jumlah lokasi memori yang besar.
�� Agar lokasi yang dapat diakses bisa lebih besar digunakan beberapa teknik atau mode pengalamatan.
Teknik-teknik pengalamatan yang umum digunakan :
�� Immediate addressing
�� Direct addressing
�� Indirect addressing
�� Register addressing
�� Register indirect addressing
�� Displacement addressing
�� Stack addressing

Untuk pembahasan selanjutnya digunakan notasi berikut :
A : isi address field yang mengacu ke memori
R : isi address field yang mengacu ke register
EA : Effective Address (Alamat efektif) lokasi memori
Immediate addressing

�� Bentuk pengalamatan yang paling sederhana, di mana
operand langsung ada pada instruksi
Address field�� Isi address field langsung berupa operand
�� Keuntungan :Tidak ada referensi memori, sehingga menghemat siklus memori akibatnya akan lebih cepat. Bisa digunakan untuk menginisialisasi suatu register.
�� Kerugian:Ukuran bilangan (operand) dibatasi oleh ukuran address field.
Direct Adressing
�� Adress field berisi effective address (alamat efektif) dari
operand.
�� Keuntungan:
�� Hanya membutuhkan satu referensi memori
�� Tidak memerlukan kalkulasi alamat yang khusus
�� Kerugian:
Jumlah lokasi yang diacu dibatasi oleh ukuran field alamat

Indirect addressing
�� Jika panjang word memori lebih besar dari ukuran address
field, maka akan lebih banyak bit yang bisa digunakan sebagai
bit alamat. Akibatnya semakin banyak lokasi memori yang bisa
diacu.
�� Keuntungan:
Jumlah lokasi memori yang dapat diacu lebih banyak.
�� Kerugian:
Memerlukan 2 referensi memori.
Register addressing
�� Operand terletak di register
�� Keuntungan :
�� Pengambilan operand dari register lebih cepat dari
pengambilan operand dari memori
�� Jumlah register jauh lebih sedikit dibanding dengan jumlah
lokasi memori, sehingga jumlah bit alamat yang dibutuhkan
lebih sedikit akibatnya ukuran address bisa lebih kecil.
�� Kerugian :
Jumlah register sangat terbatas, sehingga penggunaannya
harus benar-benar efisien.
Register Indirect Addressing
�� Keuntungan:
Jumlah lokasi memori yang diacu lebih banyak, bergantung
pada ukuran register.
�� Kerugian:
Selain mengakses register, diperlukan satu referensi memori.
Displacement addressing
Alamat efektif diperoleh dengan menjumlahkan isi register
dengan A.
�� Keuntungan:
Lebih fleksibel
�� Kerugian:
Lebih kompleks
Stack Addressing
�� Operand terletak di puncak stack
�� Keuntungan:
Ukuran instruksi kecil
�� Kerugian:
Pemakaiannya terbatas
bagaimana komputer tahu mode pengalamatan yang digunakan
pada saat mengeksekusi suatu instruksi ?
Untuk mengkodekan mode pengalamatan pada format instruksi
dapat ditambahkan sebuah field untuk mengkodekan mode
pengalamatan :

Contoh :
Misalkan ukuran opcode field adalah 2 bit. Pada opcode field
tersebut akan dikodekan 4 operasi (+,-,* , dan / ). Untuk tiap
operasi ada 4 mode pengalamatan yang mungkin. Untuk itu
disediakan mode field yang ukurannya 2 bit.. Kode yang
digunakan adalah sebagai berikut :
0000 : Penjumlahan dengan mode immediate
0001 : Penjumlahan dengan mode direct
0010 : Penjumlahan dengan mode indirect
0011 : Penjumlahan dengan mode register
0100 : Pengurangan dengan mode immediate
0101 : Pengurangan dengan mode direct
0110 : Pengurangan dengan mode indirect
0111 : Pengurangan dengan mode register
1100erkalian dengan mode immediate
….
1100 : Pembagian dengan mode immediate
Arsitekture komputer berkaitan dengan atribute-atribute yang nampak bagi programmer yaitu:
¡  Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian  data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques).
¡  Contoh: apakah tersedia instruksi untuk perkalian?
Selain itu Organisasi computer juga berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural yaitu:
¡  Control signals, interfaces, memory technology.
¡  Contoh: Apakah instruksi perkalian diimplementasikan secara hardware, ataukah dikerjakan dengan penambahan secara berulang?
Walaupu Arsitektur sama, tetapi Organisasi dapat berbeda
Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi. Dan juga tergolong dalam suatu keluarga yang terdiri  dari berbagai bebarapa keluarga yakni:
¡  Semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
¡  Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama
¡  Memberikan  compatibilitas instruksi level mesin
Ada juga keluarga dari At least backwards
¡  Organisasi antar versi memiliki perbedaan
Strukture adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain
l  Fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur
FUNGSI
l  Semua komputer memiliki 4 fungsi:
¡  Pengolahan data (Data processing)
¡  Penyimpanan data (Data storage)
¡  Pemindahan data (Data movement)
¡  Kendali (Control).
NB: Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua terutama yang baca karya ku ini lhoooooo….

2 komentar:

teno mengatakan...

thx gan gan membantu sekali :)

Salman Fauzan mengatakan...

Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat :) kunjungi juga web saya :

http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengenalan-displacement-addressing-dan.html

Posting Komentar